Seperti Inilah Cara Menghasilkan Foto Bokeh Di Smartphone Xiaomi dengan 1 Kamera Saja

Bisakah Smartphone Xiaomi yang punya 1 kamera saja membuat foto bokeh tanpa perlu diedit lagi? Karena tutorial yang banyak beredar wajib 2 kamera. Hemm.. tentu saja bisa, oleh karena itu sengaja admin buatkan tutorialnya ke dalam bentuk artikel berikut ini.

Seperti Inilah Cara Menghasilkan Foto Bokeh Di Smartphone Xiaomi dengan 1 Kamera Saja

 kamera saja membuat foto bokeh tanpa perlu diedit lagi Seperti Inilah Cara Menghasilkan Foto Bokeh Di Smartphone Xiaomi dengan 1 Kamera Saja
Seperti Inilah Cara Menghasilkan Foto Bokeh Di Smartphone Xiaomi dengan 1 Kamera Saja

Portrait adalah satu mode pengambilan foto yang menjadikan background dari objek utama yang difoto menjadi blur atau samar, sehingga objek utama tampak lebih fokus atau jelas. Dengan adannya Portrait mode ini juga membuat hasil bidikan foto menjadi tampak keren. Orang-orang istilah foto efek Bokeh untuk menyebut hasil mode dengan mode Portrait ini. Dulu Portrait mode hanya bisa digunakan pada kamera profesional saja semisal DSR dan DSLR, namun sekarang Smartphone saat ini juga sudah bisa menghasilkan foto bokeh. Sebut saja Xiaomi yang pertama kali mengimplementasikannya pada Xiaomi Redmi Pro yang sudah memiliki dual kamera. Lantas bagaimana dengan Smartphone Xiaomi yang cuma punya 1 lensa kamera saja?

Yah karena salah satu syarat untuk bisa menghasilkan foto bokeh di Smartphone Xiaomi adalah bisa memiliki 2 kamera, lantas bagaimana dengan Smartphone Xiaomi keluaran lawas semisal Redmi Note 4 PRO, Mi5 Gemini, Redmi 3/Pro, Redmi 4x, Redmi 4a, Redmi 4 PRO, Redmi 3s/x, Mi4, Mi4i, Mi4c, Mi4s, Mi5s/Plus, Mi MIX, Redmi Note 5A, Redmi 5A beserta Smartphone Xiaomi lainnya yang cuma punya single kamera saja? Tenang saja, namanya juga Xiaomi, ada segudang developer yang siap mewujudkannya.

Nah di artikel kali ini admin akan bagikan ke kamu tutorial bagaimana caranya agar Smartphone Xiaomi yang cuma punya satu lensa kamera seperti yang sudah admin sebutkan di atas tadi tetap bisa menghasilkan foto bokeh. Namun begitu sebelum memulai tutorialnya, pastikan jika Smartphone Xiaomi yang kamu miliki tersebut sudah dalam keadaan unlock bootloader dan juga sudah root Magisk. Buat yang masih locked bootloader jangan khawatir, karena admin sudah buatkan tata cara unlock di sini serta cara root Magisk di sini.

Jika kedua syarat tadi sudah terpenuhi, silahkan siapkan bahan-bahan berikut:
- camera2api-enabler.zip di sini
- Portrait Cam.apk di sini
- Ambil semuanya di sini

Caranya:
1. Silahkan ambil kedua bahan di atas kemudian taruh di internal memory Smartphone Xiaomi kamu
2. Buka Magisk Manager > pilih module > pilih tanda + yang ada di bagian bawah > kemudian arahkan ke camera2api-enabler.zip
3. Secara otomatis nantinya akan terjadi proses penginstallan > jika sudah langsung tekan reboot
4. Setelah selesai reboot dan masuk ke homescreen > silahkan install aplikasi Portrait Cam.apk seperti kamu menginstall aplikasi android lainnya
5. Selesai

Sekarang kamu sudah bisa menggunakan Portrait mode di Smartphone Xiaomi single kamera tersebut dan bisa langsung menghasilkan efek foto bokeh. Kunci utama agar bisa menggunakan efek bokeh di Smartphone Xiaomi adalah sudah mengaktifkan Kamera 2 API atau Camera2API. Jadi buat kamu yang sebelumnya sudah pernah mengaktifkan Camera2API bisa langsung menginstall Portrait Cam apk di atas tanpa harus menginstall Magisk modulenya terlebih dahulu.

Itulah yang bisa admin bagikan ke kamu tutorial bagaimana caranya menginstall Portrait Mode di Smartphone Xiaomi yang masih menggunakan 1 lensa kamera sehingga bisa menghasilkan foto bokeh. Di kesempatan lain admin akan coba bagikan ke kamu versi tanpa rootnya. Jika dirasa bermanfaat silahkan +1, like dan bagikan artikel serta jangan lupa Subscribe channel Miuitutorial Indonesia guna mendapatkan tutorial terbaru berbahasa Indonesia.


Related Posts

Add Your Comments

Disqus Comments