Cukup Beberapa Detik Saja untuk Relock Bootlaoder di Xiaomi Mi A2: Berikut Tata Caranya + Video

Mungkinkah Xiaomi Mi A2 yang sudah unlock bootloader, di Re-lock kembali? Lantas bagaimana caranya? Apakah sama mudahnya ketika unlock bootloader di Mi A2? Biar tidak terus banyak tanya lagi, mending kamu langsung praktikkan saja tutorial Re-lock bootloader berikut ini!

Cukup Beberapa Detik Saja untuk Relock Bootlaoder di Xiaomi Mi A2: Berikut Tata Caranya + Video

 Apakah sama mudahnya ketika unlock bootloader di Mi A Cukup Beberapa Detik Saja untuk Relock Bootlaoder di Xiaomi Mi A2: Berikut Tata Caranya + Video
Cukup Beberapa Detik Saja untuk Relock Bootlaoder di Xiaomi Mi A2: Berikut Tata Caranya + Video

Salah satu kekhawatiran dari pengguna Smartphone Xiaomi seperti Mi A2 setelah melakukan unlock bootloader adalah hilangnya kemampuan untuk bisa mendapatkan notifikasi update OTA. Yah, jadi yang selama ini rutin bisa update OTA tiap bulannya dengan patch tingkat keamanan terbaru, semenjak unlock bootloader jadi tidak bisa update OTA. Hemm.. padahal sudah jelas sekali jika sekalipun dalam kondisi unlock bootloader pun tetap bisa update OTA kok dan ini sudah admin buktikan sendiri pada Xiaomi Mi A1 yang merupakan generasi awal dari Project Android ONE dari Xiaomi.

Namun begitu tetap saja yang namanya kekhawatiran masih ada, oleh karena itu di artikel kali ini admin akan bagikan tata cara merelock kembali bootloader yang sudah terbuka atau istilah sederhananya itu adalah mengunci kembali bootloader yang sudah ter-unlock. Buat yang sebelumnya pernah unlock menggunakan metode yang sudah pernah admin bagikan di sini, sebenarnya masih sama saja tool yang digunakan, namun yang berbeda di sini adalah perintah. Yah jadi perintahnya saja yang beda.

Akan tetapi tetap admin jabarkan ulang khusus buat kamu yang benar-benar masih awam soal Relock bootloader ini. Okey langsung kita mulai:
1. Pertama-tama kamu ambil terlebih dahulu Minimal ADB dan Fastboot yang ada di sini kemudian install seperti biasa ke komputer
2. Buat yang belum pernah disable Windows Driver Signature bisa ikuti tata caranya di sini. Ini penting agar Xiaomi Mi A2 bisa terdeteksi di komputer
3. Aktifkan USB Debugging Mi A2, untuk tata caranya bisa lihat bawah ini:


4. Aktifkan juga opsi "Buka kunci OEM" di developer mode
5. Jika sudah bisa langsung matikan Xiaomi Mi A2 lalu tekan dan tahan tombol Power beserta volume bawah secara bersamaan hingga muncul Logo Mi Bunny (Mode Fastboot)
6. Kemudian sambungkan Xiaomi Mi A2 ke komputer via kabel USB Type-C
7. Jalankan Minimal ADB dan Fastboot melalui shortcut yang ada di desktop
8. Secara otomatis nanti akan muncul jendela ADB CMD
9. Ketikkan perintah fastboot devices kemudian tekan enter pada keyboard
10. Jika muncul kombinasi huruf dan angka, berarti Xiaomi Mi A2 kamu sukses terdeteksi di komputer
11. Lanjut ketikkan perintah fastboot oem lock kemudian tekan enter
12. Selesai


Sekarang Xiaomi Mi A2 kamu sudah locked bootloader kembali. Mudah? Iya memang semudah itulah locked bootloader di Smartphone Xiaomi yang menggunakan rom stock Android. Sama halnya dengan unlock bootloader.

Oleh karena itu admin sangat betah menggunakan rom stock Android. Pada saat artikel ini dibuat, Xiaomi Mi A2 belum dijual secara resmi di Indonesia dan admin sendiri belum memegang Mi A2, namun berbekal pengalaman menggunakan Mi A1, besar kemungkinan jika cara Relock bootloader di Xiaomi Mi A2 juga sama dengan Mi A1.

Jadi sudah admin sertakan juga tata cara Relock bootloader Mi A2 dalam bentuk video di atas. Namun begitu video tersebut dalam praktiknya menggunakan Mi A1 karena devicenya sendiri belum admin pegang. Nah itu saja dulu yang bisa admin bagikan ke kamu tentang bagaimana cara Re-lock bootloader di Xiaomi Mi A2. Silahkan +1, like dan bagikan tutorial ini serta jangan lupa untuk Subscribe channel Miuitutorial Indonesia. Salam admin Miuitutorial.com


Related Posts

Add Your Comments

Disqus Comments