Khusus Pemula: Tata Cara Backup Rom Xiaomi Mi A1 Tanpa Harus Install Custom TWRP Recovery: Tetap Bisa Update OTA

Sedang mencari tutorial bagaimana cara backup rom di Xiaomi Mi A1? Apakah cara backup rom nya masih sama saja atau ada cara yang lebih mudah semisal tidak perlu install TWRP lagi? Dari pada banyak tanya, mending kamu langsung baca dan praktikkan langsung saja karena di artikel kali ini admin sengaja buatkan tutorial khusus pemula bagaimana cara backup rom Xiaomi Mi A1. Let's check this out!

Khusus Pemula: Tata Cara Backup Rom Xiaomi Mi A1 Tanpa Harus Install Custom TWRP Recovery: Tetap Bisa Update OTA

Sedang mencari tutorial bagaimana cara backup rom di Xiaomi Mi A Khusus Pemula: Tata Cara Backup Rom Xiaomi Mi A1 Tanpa Harus Install Custom TWRP Recovery: Tetap Bisa Update OTA
Khusus Pemula: Tata Cara Backup Rom Xiaomi Mi A1 Tanpa Harus Install Custom TWRP Recovery: Tetap Bisa Update OTA

Pada umumnya cara backup rom di Seluruh Smartphone Xiaomi adalah sama, Yah sama karena memang nantinya rom tersebut akan dibackup melalui Custom TWRP. Jadi kunci sebenarnya adalah Smartphone Xiaomi kamu harus sudah punya custom TWRP Recovery. Karena itu tadi, tool saat ini yang memiliki fungsi untuk membackup rom Miui cuma TWRP Recovery saja. Buat yang sudah mahir atau sudah lama berkecimpung di dunia modding Xiaomi pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Custom TWRP recovery, namun akan beda cerita dengan mereka yang baru saja mengenal dunia modding atau baru saja memiliki Smartphone Xiaomi.

Oleh karena itu di artikel kali ini admin akan mendedikasikan waktu khusus buat mereka para pemula, para newbie yang ingin belajar bagaimana cara membackup rom Smartphone Xiaomi terkhusus di Smartphone Xiaomi Mi A1. Yah Mi A1, hingga saat ini adalah satu-satunya Smartphone bikinan Xiaomi yang tidak sama sekali menggunakan rom Miui sebagai stock romnya, melainkan rom original langsung dari Google. Hal ini sudah tidak heran lagi sebenarnya, karena Xiaomi Mi A1 adalah anak emas yang masuk ke dalam Project Android ONE.

Karena tidak menggunakan rom Miui 8, Miui 9, ataupun Miui 10 itu juga, makanya modifikasi firmware di Xiaomi Mi A1 itu jadi lebih mudah atau malah lebih mudah. Sebagai contoh ketika kita ingin meng-unlock bootloader, maka yang perlu kamu lakukan cukup menjalankan sebuah Toolkit bernama Toolkit Mi A1 yang pernah admin bagikan sebelumnya di sini. Setelah itu secara otomatis maka Xiaomi Mi A1 kamu langsung unlock bootloader tanpa harus mengajukan request unlock bootloader segala atau bahkan menunggu SMS persetujuan unlock dari Xiaomi.

Sama halnya ketika ingin membackup rom di Xiaomi Mi A1 juga sangat mudah, yang perlu kamu lakukan adalah:
1. Cukup install Toolkit Mi A1 dari link yang sudah admin sertakan di atas tadi kemudian jalankan
2. Setelah itu Aktifkan USB Debugging pada Xiaomi Mi A1. Buat yang belum tahu caranya bisa simak video di bawah ini:
3. Setelah USB Debugging aktif, kamu sambungkan Mi A1 ke komputer via kabel USB Type-C
4. Pada Toolkit Mi A1 > TWRP Reboot
5. Nanti akan muncul opsi apakah kamu sekarang dalam mode fastboot > pilih tidak
6. Secara otomatis nantinya Xiaomi Mi A1 kamu akan reboot sendiri dan masuk ke mode fastboot lalu dilanjutkan ke mode Recovery
7. Setelah berhasil masuk ke mode TWRP Recovery > backup > lalu centang opsi data, system, modem, dan lainnya yang kamu anggap perlu
8. Pilih storage (mau simpan hasil backup rom nanti di internal memory atau taruh di MicroSD
9. Lanjut Swipe ke kanan untuk memulai proses backup
10. Biarkan sampai proses backup selesai, biasanya sih lumayan lama jadi pastikan baterai Mi A1 kamu dia atas 50%
11. Jika sudah > pilih reboot > Do Not Install
12. Selesai


Cara Backup rom pada Xiaomi Mi A1 di atas sudah sering admin lakukan dan karena TWRP tidak terinstall secara permanen di Mi A1, maka kita bisa menginstall update OTA tanpa takut recovery bawaan tertimpa dengan custom TWRP tadi. Selain cara di atas, admin juga pernah membuatkan tutorial cara backup rom Xiaomi Mi A1 tanpa menggunakan custom TWRP Recovery, link tutorialnya bisa kamu baca di sini.

Buat kamu yang belum tahu fungsi dari backup rom sendiri sangat penting, dimana ketika Xiaomi Mi A1 mengalami error, maka dengan mudah tanpa harus flashing ulang kita bisa langsung. Oleh karena itu penting sekali yang namanya backup rom Xiaomi terlebih jika kamu suka yang namanya modding install mod sana sini. Krena terkadang mod tersebut bisa membuat Xiaomi Mi A1 menjadi bootloop.

Semoga tutorial khusus pemula tentang bagaimana cara backup rom Xiaomi Mi A1 ini bisa bermanfaat buat kamu. Silahkan +1, like dan bagikan serta jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Salam admin Miuitutorial.com


Related Posts

Add Your Comments

Disqus Comments