Benarkah Speaker Internal Smartphone Xiaomi Bisa Rusak Gegara Disambungkan ke Speaker Aktif via Jack 3.5? Baca Penjelasan Berikut!

Semoga pada saat kamu membaca artikel tentang Speaker internal Xiaomi yang rusak sendiri setelah disambungkan ke speaker aktif ini pada saat belum dilakukan. Pasalnya jika sudah terjadi tapi baru kamu cari atau terbaca artikel ini, yah sudah tidak ada gunanya lagi karena nasi sudah menjadi bubur ayam. Akan tetapi buat kamu yang sudah terlanjur kena, semoga artikel ini juga bisa sedikit membatu kira-kira langkah apa saja yang perlu diambil. Yah silahkan disimak!

Benarkah Speaker Internal Smartphone Xiaomi Bisa Rusak Gegara Disambungkan ke Speaker Aktif via Jack 3.5? Baca Penjelasan Berikut!

Semoga pada saat kamu membaca artikel tentang Speaker internal Xiaomi yang rusak sendiri s Benarkah Speaker Internal Smartphone Xiaomi Bisa Rusak Gegara Disambungkan ke Speaker Aktif via Jack 3.5? Baca Penjelasan Berikut!
Benarkah Speaker Internal Smartphone Xiaomi Bisa Rusak Gegara Disambungkan ke Speaker Aktif via Jack 3.5? Baca Penjelasan Berikut!

Kasus speaker internal atau speaker bawaan pada Smartphone Xiaomi yang tiba-tiba mati setelah di colok atau disambungkan ke Speaker Aktif melalui Jack 3.5 mm sepertinya terus berlanjut, bahkan lebih dari itu ada beberapa pengguna Smartphone Xiaomi yang mengalami kejadian lebih parah lagi dimana selain speaker internal yang rusak, earpiece atau speaker untuk menelepon juga ikut tidak berfungsi. Jadi Smartphone Xiaomi mereka jadi bisu total, bahkan ringtone panggilan masuk saja tidak berbunyi sama sekali, yang ada cuma tan getar.

Issue matinya speaker bawaan Xiaomi beserta earpiece untuk menelepon gegara speaker aktif bukanlah sesuatu yang baru pada Smartphone Xiaomi, kejadian seperti ini awalnya muncul dari pengguna Xiaomi Redmi Note 3 PRO yang melaporkan setelah merekan mencoba menyambungkan Redmi Note 3 PRO mereka ke speaker aktif dengan tujuan agar bisa mendengarkan keluaran musik yang lebih baik, justru membuat Kenzo tersebut tidak bersuara lagi. Kasus ini juga tidak hanya terjadi pada 1 pengguna saja, melainkan ke beberapa pengguna lainnya dan setelah diselidiki ternyata IC atau chip Audio pada Redmi Note 3 PRO mereka terbakar. Bahasan lengkapnya serta bagaimana cara memperbaikinya bisa kamu baca di sini.

Belajar dari pengalaman tersebut harusnya kita sebagai pengguna Smartphone Xiaomi harus lebih waspada, namun nyatanya masih juga banyak bermunculan kasus speaker internal Xiaomi mati gegara speaker aktif seperti pada pengguna Redmi Note 4 PRO Snapdragon, Redmi 4 Series, Redmi 3 series dan bahkan untuk tipe-tipe terbaru seperti Redmi 5 Series dan Redmi Note 5 Series. Apakah cuma seri Redmi saja yang terkena kasus ini? Tentu tidak, seri Mi juga ada yang kena seperti Mi5.

Jadi tidak mandang mau seri Redmi atau Mi tetap bisa kena kasus ini. Oleh karena itu di artikel kali ini admin akan lebih ke himbauan saja supaya untuk JANGAN PERNAH berniat menyambungkan Speaker aktif ke Smartphone Xiaomi langsung melalui Jack Audio 3.5mm dan kalau memang tetap ingin menyambungkannya ke speaker aktif, bisa menggunakan bluetooth music Receiver seperti yang pernah admin review di sini.

Karena kalau sudah rusak IC Audio atau Chip Audio Xiaomi nya, maka jalan satu-satunya untuk bisa memperbaiki masalah tersebut adalah dengan mengganti chip yang rusak. Harga perbaikan atau penggantian chip audio Xiaomi sebenarnya terbilang masih bisa dijangkau di antara 200 hingga 400 ribu rupiah. Yang jadi masalah mungkin mencari seri chip yang cocok dengan seri chip audio bawaan dari Smartphone Xiaomi tersebut.


Sebenarnya apa sih alasannya Speaker internal Xiaomi bisa rusak dan IC atau Chip Audionya bisa terbakar?
Itu tidak lain karena speaker aktif memiliki sumber listrik sendiri sehingga besar resikonya terjadi kebocoran listrik dari speaker aktif ke kabel audionya, yang mana dalam hal ini kamu sambungkan ke lubang jack 3.5mm. Dikarenakan komponen elektronik yang ada di Xiaomi terlalu kompleks serta rentan akan gangguan dari luar, membuat IC atau chip yang berhubungan langsung dengan audio menjadi rusak. CMIIW

Beberapa dari pengguna Smartphone Xiaomi juga berkomentar jika chip audio pada Xiaomi itu sudah satu paket dengan prosesor Snapdragon (CPU) dan ada juga yang berkomentar jika setelah dibawa ke tukang service, malah disuruh ganti IC Power, bukan IC Audio. Cuma yang admin heran itu kalau IC Power yang kena, harusnya sih tidak mau nyala lagi atau sulit dinyalakan.

Buat kamu yang pernah mengalami kejadian ini bisa tulis dech di kolom komentar. Admin sendiri setelah tahu kasus ini tidak pernah yang namanya menyambungkan Speaker aktif ke Smartphone Xiaomi. Yah sekian dulu artikel kali ini tentang bahayanya menyambungkan Speaker aktif ke Smartphone Xiaomi. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe Channel Miuitutorial Indonesia. Salam admin Miuitutorial.com


Related Posts

Add Your Comments

Disqus Comments