7 Cara Mendinginkan Smartphone Xiaomi Ketika Proses Pengisian Beterai: Dari yang Normal Sampe Konyol

Munculnya hawa panas pada bagian belakang Smartphone Xiaomi ketika proses pengisian daya berlangsung apakah suatu yang normal? Kalau misal bisa apakah ada suatu cara agar bisa mendinginkan Smartphone Xiaomi ketika proses charging berlangsung? Yuk simak 7 tipsnya berikut ini

7 Cara Mendinginkan Smartphone Xiaomi Ketika Proses Pengisian Beterai: Dari yang Normal Sampe Konyol

Munculnya hawa panas pada bagian belakang Smartphone Xiaomi ketika proses pengisian daya b 7 Cara Mendinginkan Smartphone Xiaomi Ketika Proses Pengisian Beterai: Dari yang Normal Sampe Konyol
7 Cara Mendinginkan Smartphone Xiaomi Ketika Proses Pengisian Beterai: Dari yang Normal Sampe Konyol

Mengisi baterai Smartphone adalah aktivitas yang sepertinya sulit untuk kita tinggalkan. Bahkan mengisi daya baterai Smartphone sudah menjadi rutinitas kita sehari-hari. Karena hampir semua kebutuhan kita soal komunikasi baik itu via telepon, SMS dan internet semuanya bisa dilakukan melalui Smartphone, bahkan dengan menggunakan Smartphone juga kita bisa menikmati beragam konten Entertainment semisal streaming video, streaming music, bahkan bermain game berat yang punya kualitas grafis memukau layaknya komputer high end.

Dengan beragam aktivitas yang pastinya menguras energi dari baterai tersebut bakal membuat kita harus sering-sering menge-charge baterai. Nah hal ini juga rupanya yang dialami oleh hampir semua pengguna Smartphone Xiaomi, termasuk admin Miuitutorial.com tentunya. Dimana dalam satu hari atau 24 jam admin bisa mengisi baterai 1 hingga 2 kali, itu juga tidak dengan sambil bermain game online. Bakal beda cerita lagi dengan mereka yang suka bermain game online seperti Mobile Legend dan PUBG Mobile di Smartphone Xiaomi, bakal lebih sering-sering lagi menge-charge baterainya.

Persoalan mengecharge baterai Smartphone Xiaomi ini sebenarnya sudah pernah admin bahas melalui salah satu artikel admin yang berjudul "Seperti Apa dan Bagaimana Sih Cara Charging Baterai Smartphone Xiaomi yang Baik dan Benar? Simak 8 Tips Berikut!" di sini, yang mana di dalam artikel itu juga admin sudah menjabarkan beberapa Tips yang bisa kamu praktikkan agar masa pakai dari baterai Smartphone Xiaomi menjadi lebih lama.

Namun mungkin beberapa dari kamu sempat bertanya-tanya, yang setidaknya bergumam di dalam hati, "Kenapa ketika proses pengisian baterai Xiaomi bagian belakangnya tetap saja mengeluarkan hawa panas? Padahal posisi sedang tidak dimainkan game online. Apakah ada suatu cara agar bisa mendinginkan Smartphone Xiaomi ketika proses charging?"

Pada dasarnya munculnya suhu panas dari proses charging pada Smartphone Xiaomi adalah hal yang wajar dan itu sebenarnya tidak hanya dialami oleh Smartphone Xiaomi saja, tapi juga terjadi pada semua perangkat Smartphone merek lain dan bahkan juga dialami oleh semua perangkat elektronik yang menggunakan baterai sebagai sumber daya utama mereka seperti Laptop, Powerbank dan lain sebagainya.

Akan tetapi mungkin kita sebagai pengguna Smartphone Xiaomi sedikit khawatir dengan kejadian alami seperti dan berusaha mencari-cari cara agar bisa mengatasinya. Hal yang wajar sih, apalagi yang beli Smartphone Xiaomi nya menggunakan fasilitas cicilan, hehehe.. bakal lebih was-was lagi. Oleh karena itu admin sengaja sempatkan waktu untuk membaut artikel ini tentang beberapa Tips atau cara yang bisa kamu gunakan untuk mendinginkan panas berlebih yang muncul pada Smartphone Xiaomi ketika proses Charging berlangsung.

Lepas Case Xiaomi
Sudah menjadi kebiasaan jika baru beli Smartphone, pasti kita langsung mencari casenya, bahkan tak jarang di paket penjualan sendiri kita sudah mendapati case bawaan yang diberikan oleh produsen Smartphone. Saran melepas case akan sangat berguna sekali mengurangi hawa panas yang muncul ketika proses charging Smartphone Xiaomi, apalagi body Smartphone Xiaomi saat ini sudah didominasi oleh metal, yang mana bahan metal ini sangat baik sekali menghantarkan panas.

Hal ini jugalah yang menjadikan bagian belakang dari Smartphone Xiaomi bakal lebih mudah menimbulkan panas akibat dari proses charging, karena memang sudah sifat alaminya ketika proses pengisian daya baterai berlangsung akan muncul hawa panas. Maka dari itu, melepas case atau pelindung body Smartphone akan sangat membantu sekali dalam pelepasan panas lebih cepat.

Matikan Koneksi Data Internet
Nah loch, memang apa hubungannya dengan koneksi internet? Apakah nge-charge baterai Smartphone Xiaomi butuh kuota juga? Tentu saja tidak. Ini dimaksudkan agar ketika proses pengisian daya baterai Smartphone berlangsung, baterai yang seharusnya terisi malah ikut berkurang karena ponsel terlalu kuat menarik sinyal dari Tower pemancar. Sudah menjadi rahasia umum jika jaringan seluler operator yang ada di Indonesia ini tidak stabil, terlebih buat kamu yang tinggal jauh dari Tower atau tinggal di tempat yang banyak gedung-gedung tingginya.

Lemahnya sinyal seluler tentu akan membuat kerja dari modem serta Receiver Smartphone Xiaomi kamu akan semakin meningkat, dan ini justru mengurangi daya baterai yang seharusnya penuh oleh proses pengisian daya baterai. Jadi opsi untuk mematikan koneksi data internet ketika proses charging akan sangat membantu sekali mengurangi hawa panas yang muncul.

Masuk ke Mode Pesawat
Tips ketiga ini masih lanjutan dari Tips kedua, dimana dengan masuk ke mode pesawat akan membuat semua koneksi radio yang ada di Smartphone Xiaomi kamu mati, hal ini tentu akan lebih berdampak bagus lagi dalam menjaga atau mengurangi suhu panas yang muncul pada bagian belakang Smartphone Xiaomi ketika proses charging berlangsung. Hanya saja memang dengan mengaktifkan mode pesawat ini, maka kamu tidak bisa melakukan panggilan telepon dan juga berkirim SMS.

Charge dalam Keadaan Mati
Ini nih satu lagi kebiasaan admin yang sering dilakukan yaitu mengecharge ponsel Xiaomi dalam keadaan mati. Hal ini tentu baik karena dengan begitu semua daya yang masuk dari charger ke Smartphone Xiaomi hanya akan difokuskan pada pengisian baterai saja, yang mana hal ini juga membuat proses pengisian daya baterai juga akan semakin cepat. Kalau admin sih lebih sering ngecharge baterai dalam kondisi matikan ketika tidur malam dan buat kamu yang bertanya-tanya apakah berbahaya mengecharge baterai Xiaomi dalam kondisi mati sambil ditinggal tidur, silahkan baca artikel lengkapnya di sini.

Charge di Atas Lantai
Tips berikut ini admin dapatkan langsung salah seorang member gorup Xiaomi, admin lupa namanya siapa, tapi di sendiri sering menge-charge baterai Xiaomi dengan kondisi sambil digeletakkan di lantai, terlebih jika lantai keramik. Admin sering belum mencoba Tips ini karena memang admin sudah membuatkan wadah khusus untuk wadah dari Smartphone Xiaomi, namun apa salahnya dicoba jika kamu ingin bisa mengurangi suhu panas yang ada di Smartphone Xiaomi.

Charge Sambil di Kipas
Haha.. Tips yang satu ini cukup konyol tapi beneran ada yang sudah mencobanya namun bukan dalam kondisi charge tapi ketika bermain game PUBG Mobile.


Charge Sambil Direndam Air ES
Kalau yang ini jangan dicoba deh, karena uap air es bisa saja masuk ke dalam komponen Smartphone Xiaomi dan bisa saja mengakibatkan konslet dan juga korosi.

Silahkan pilih mana dari ketujuh Tips di atas yang ingin kamu pilih guna menurunkan panas dari bagian belakang Smartphone Xiaomi ketika proses pengisian baterai berlangsung. Yang terpenting dan perlu kamu ingat adalah jangan pernah sekali-kali main game sambil nge-charge kalau tidak mau seperti kejadian yang dialami oleh salah seorang pengguna Xiaomi Mi5 Gemini di sini.

Ya, alih-alih supaya tetap lancar bermain game onlinenya, justru membuat Mi5nya terbakar dan beruntung setidaknya tidak membahayakan si pemilik. Itu saja saran dari admin supaya kamu tidak mengalami kejadian naas serupa. Jika dirasa bermanfaat silahkan +1, like dan bagikan. Salam admin Miuitutorial.com


Related Posts

Add Your Comments

Disqus Comments