Wednesday, June 7, 2017

Gejala dan Cara Mengatasi Alergi Pada Bayi

Gejala dan Cara Mengatasi Alergi Pada Bayi - Gangguan kesehatan yang kerap dialami oleh bayi adalah alergi, dimana tubuh bayi akan merespons dengan gejala-gejala tertentu saat bayi mengalami alergi. kejadian alergi pada bayi memang kerap terjadi, pasalnya bayi masih belum memiliki ketahanan baik fisik maupun imun untuk melawan beragam bakteri dan benda-benda asing di sekitarnya. Alergi pada bayi sangat beragam, baik karena alergi makanan, susu, binatang, lingkungan dan bahan-bahan kimia pada produk-produk bayi. 

Untuk gejala nya sendiri pun berbeda-beda tergantung dari jenis alergi yang di alami bayi. Jika bayi alergi terhadap makanan atau minuman maka gejala yang timbul bisa berupa gangguan pencernaan, sementara jika alergi terjadi pada bagian luar tubuh maka gejala yang umum adalah dengan adanya kelainan atau kerusakan pada selaput kulit luar bayi. Sebelum kita mengetahui cara terbaik untuk mengatasi alergi pada bayi, tentu hal utama yang harus kita pahami adalah penyebab serta gejala alergi tersebut. Karena degan mengetahui apa yang menjadi penyebabnya maka kita sebagai orang tua akan tau cara terbaik agar bayi terhindar pada penyebab tersebut.

Mengatasi Alergi Pada Bayi

Sedangkan mengetahui gejala alergi pada bayi adalah untuk mengetahui bahwa bayi anda sedang mengalami alergi. Kenapa kita perlu mengetahui gejalanya? karena umumnya gejala alergi bayi berbeda-beda tergantung dari jenis penyebab alergi tersebut, sehingga mengetahui gejalanya membantu anda mengetahui kondisi kesehatannya serta tetap membuat bayi sehat dan terawat. Dan berikut Gejala alergi pada bayi.

Gejala Alergi Pada Bayi

1. Pembengkakan Pada wajah dan bibir. Gejala ini biasanya disebabkan oleh alergi terhadap makanan atau benda-benda yang tanpa sengaja bayi memasukkan benda tersebut ke dalam mulut atau sekadar tersentuh pada area wajahnya saja. Selain itu alergi ini juga bisa disebabkan oleh pakaian dan debu yang terpapar langsung pada bayi.

2. Muntah dan Mengalami Diare. Alergi degan gejala seperti ini sudah pasti disebabkan oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi bayi baik sengaja maupun tidak disengaja. Bayi memang kerap memasukkan benda-benda asing ke dalam mulutnya, sehingga jika hal itu diluar pengawasan orang tua bisa saja benda yang mereka masukkan mengandung bakteri dan kuman yang dapat mengganggu pencernaan bayi dan menyebabkan muntah dan diare.

3. Kerap batuk dan Bersin. Gejala alergi ini bisanya disebabkan oleh debu dan bulu binatang seperti kucing, anjing dan lainnya. Ketika bayi menyentuh penyebab alergi ini maka efek yang akan terjadi pada tubuhnya adalah mengalami batuk dan terus bersin-bersin.

4. Kulit Ruam dan Merah. Gejala alergi yang satu ini memang kerap terjadi pada bayi, adanya bintik atau ruam merah pada kulit bayi bisa juga disebabkan oleh alergi akibat pakaian atau benda disekitar bayi. Itulah sebabnya anda harus benar-benar membersihkan ruangan dan pakaian yang dikenakan bayi agar terhindar dari alergi.

5. Kesulitan Bernapas. Gejala lain akibat alergi yang dialami bayi adalah susah bernapas, pada kondisi ini biasanya alergi terjadi akibat udara yang dihirup atau pada benda-benda tertentu. Pada saat bayi mengalami gejala seperti ini sebaiknya segera lakukan pertolongan dan pemeriksaan pada bayi agar alergi ini dapat segera diatasi.

6. Mengalami Pingsan atau Hilang kesadaran. Gejala alergi ini terbilang cukup parah, pasalnya ketika tanpa disadari bayi menyentuh atau terpapar terhadap penyebab alergi tersebut maka secara spontan dampak yang akan dialami adalah pingsan atau hilang kesadaran. Untuk mengatasinya sebaiknya larikan dokter ke rumah sakit agar mendapatkan pertolongan serta mengetahui apa penyebab alergi tersebut.

Penting sekali orang tua mengetahui gejala alergi pada bayi, pasalnya dengan mengetahui gejala tersebut maka ketika bayi anda mengalami salah satu gejala di atas maka anda bisa melakukan pertolongan dengan menjauhkan penyebab alergi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Setelah mengetahui gejala bayi alergi, maka hal yang juga perlu untuk anda ketahui adalah cara mengatasi, atau cara melakukan pertolongan pertama sebelum membawanya kerumah sakit. Pasalnya mengatasi bayi dari alergi selain menghindari efek yang lebih parah, juga menjadi pembelajaran agar tetap memerhatikan bayi anda agar tetap terhindar dari penyebab alergi. Dan tips dan caranya.

Cara Mengatasi Alergi Pada Bayi

1. Jaga Kebersihan
Ketika bayi anda mengalami alergi, terutama dengan gejala kulit ruam dan kemerahan, maka cara yang harus anda lakukan adalah dengan menjauhkan bayi pada benda-benda yang menyebabkan alergi tersebut. Jika alergi disebabkan oleh pakaian yang dikenakan bayi, maka sebaiknya segera ganti pakaian tersebut agar tidak semakin memperparah gejalanya. Selain itu, sebaiknya tetap jaga kebersihan rumah dan lingkungan tempat biasa bayi bermain, hal agar bayi tidak mengalami alergi serupa dan berulang.

2. Hindari Penyebab Alergi
Cara paling baik ketika mengetahui bahwa bayi anda mengalami alergi adalah dengan segera menjauhkan apa yang menjadi penyebabnya. Misalnya ketika bayi anda alergi akibat debu atau kotoran, maka sebaiknya segera hindarkan bayi pada area tersebut. Atau apabila bayi alergi terhadap bulu binatang, maka sebaiknya segera jauhkan binatang tersebut dari bayi anda dan lain sebagainya.

3. Gunakan Pembersih yang Tepat
Selain menjaga kebersihan dan menjauh dari penyebab alergi, anda juga harus tetap memerhatikan kandungan pada produk-produk pembersih yang anda pakai. Misalnya sabun, detergen dan lainnya. Karena pada dasarnya kulit bayi jauh lebih sensitif dari pada kulit orang dewasa, sehingga tidak semua zat dapat diterima pada kulitnya. jadi sebaiknya cari dan gunakan produk dengan kandungan yang aman terhadap bayi anda.


Bagi orang tua, hal terpenting harus anda lakukan agar bayi anda terhindar dari berbagai masalah kesehatan salah satunya alergi adalah dengan tetap memerhatikan bayi setiap saat, karena pada masa-masa tersebut bayi akan sangat aktif bergerak dan kerap penasaran terhadap benda-benda di sekitarnya. Selain itu, penting sekali untuk menjaga kebersihan lingkungan, pakaian dan rumah anda agar bayi terhindar dari beragam penyakit dan gangguan kesehatan.

Selain itu, anda juga harus memperhatikan makanan dan minuman apa saja yang sekiranya dapat membuat bayi anda alergi, karena degan demikian bayi anda akan tetap sehat dan terhindar dari alergi. Sekian ulasan mengenai Gejala dan Cara Mengatasi Alergi Pada Bayi, semoga ulasan ini dapat menambah wawasan dan manfaat untuk kita semua. Salam Wadah Cara


EmoticonEmoticon