Sunday, November 13, 2016

Cara Mengatasi Android yang Sering Hang dan Restart Sendiri

Tips AndroidCara Mengatasi Android yang Sering Hang dan Restart Sendiri | Teknologi ponsel atau smartphone memang memiliki perbedaan masing-masing, ada ponsel yang memang dibenamkan fitur dan spek yang tangguh, ada pula yang hanya di sediakan fitur standar di dalamnya. Pasalnya tidak semua konsumen mampu memiliki jenis ponsel premium yang secara notabene memiliki fitur dan hardware tangguh, oleh karena itulah mereka lebih memilih ponsel low end agar tetap bisa menikmati dan menggunakan smartphone android masa kini.

Cara Mengatasi Android yang Sering Hang dan Restart Sendiri

Ponsel Android dilengkapi dengan 2 memori, memori penyimpanan dan memori RAM. fungsi keduanya tentu sangat jauh berbeda, jika memori penyimpanan atau storage berfungsi sebagai tempat menampung semua file dan data dalam ponsel anda, sedangkan memori RAM berguna sebagai penjalan sebuah aplikasi saat ponsel sedang digunakan. Artinya memori RAM menjadi sangat vital fungsinya berhubung ia adalah tenaga dari semua aplikasi dan fitur pada ponsel android. Baca juga Cara membersihkan layar android yang gores

Cara Mengatasi Android yang Sering Hang dan Restart Sendiri


Salah satu penyebab sering terjadinya hang dan bahkan hp android sering restart sendiri adalah karena memori RAM, pengguna aplikasi secara berlebihan pada satu waktu dapat memicu kehabisan ruang memori RAM, sehingga RAM tidak sanggup lagi menangani beban aplikasi yang mengakibatkan ponsel android tidak akan berfungsi secara normal dan mengakibatkan hang. Selain itu penyebab lainnya bisa terjadi pada kerusakan software atau aplikasi. Ketika anda sedang menjalankan sebuah aplikasi, namun ternyata aplkasi tersebut mengalami crash atau kegagalan saat sedang dijalankan maka akibatnya android bisa mengalami hang dan restart.

Kemudian yang terakhir adalah karena hardware, ponsel android dilengkapi dengan GPU yang sama pentingnya dengan memori RAM, jika terjadi kerusakan pada bagian hardware ponsel anda, maka jangan heran jika hang dan restart sendiri bisa saja terjadi pada android anda. Semakin lama usia sebuah ponsel maka semakin rentan terjadinya kerusakan hardware ponsel android tersebut.

Untuk mengatasi masalah android hang dan restart sendiri sangat mudah jika kita telah mengetahui penyebabnya. Jika penyebabnya karena overload RAM, maka solusinya silahkan kurangi menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan, atau hapus beberapa aplikasi yang tidak begitu berguna di android anda. Agar ponsel android bisa berjalan dengan normal kembali.

Sedang jika disebabkan karena aplikasi atau kerusakan hardware maka anda bisa menghapus dan mengganti ulang software tersebut, dan untuk kerusakan hardware anda bisa segera melakukan service ke toko ponsel langganan anda. Namun sebaiknya untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi pada ponsel android kesayangan kita, jaga dan rawat android tersebut agar tetap memiliki performa maksimal. Kemudian kurangi pemakaian aplikasi berlebihan yang mengakibatkan ponsel menjadi rusak.


EmoticonEmoticon