Friday, November 25, 2016

8 Cara Merawat Tablet Android Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Tips Android8 Cara Merawat Tablet Android Agar Awet dan Tidak Mudah RusakSalah satu generasi smartphone yang banyak di minati oleh kalangan remaja dan para pengguna android adalah tablet, smartphone jenis ini didesain memiliki ukuran layar yang jauh lebih besar dibanding smartphone biasa, ukuran minimal kebanyakan tablet adalah 7 inci dan ukuran maksimalnya hingga mencapai 10 inci lebih. Salah satu jenis tablet yang terlaris di apsan gadget dunia adalah android. Meskipun apple masih tetap memiliki varian macam jenis tablet kelas premiumnya, namun tablet android juga masih memiliki banyak pengguna.

Cara Merawat Tablet Android

Kelebihan tablet dibanding ponsel biasa adalah terletak pada keleluasaan pengguna dalam mengoprasikannya, hal itu dikarenakan tablet memiliki ukuran layar yang besar dan mudah untuk digunakan. Namun meskipun demikian, bukan berarti tablet memiliki daya tahan yang lebih lama dibanding ponsel smartphone biasa. Baca juga Cara menjadikan android sebagai modem

Malahan di sebagian kasus, tablet android menjadi gadget yang kerap mengalami kerusakan dibanding smartphone jenis biasa, banyak penyebab dan faktor yang membuat hal itu bisa terjadi, salah satunya adalah kurangnya perawatan si pengguna terhadap tablet android yang ia miliki. Nah, pada ulasan kali ini Wadah Cara akan mencoba memberikan beberapa solusi dan tips kepada anda khususnya pengguna tablet android tentang cara merawatnya agar tidak mudah rusak. Dan berikut tips dan caranya.

1. Perhatikan Kebersihan
Kebersihan yang kami maksud disini adalah kebersihan si pengguna, sebaiknya jangan sekali-kali menyentuh layar LCD tablet tersebut pada saat tangan kita dalam keadaan kotor dan juga berminyak. Karena hal itu akan membuat fungsi touchscreen akan semakin tidak maksimal dan mudah rusak.

2. Rutin Membersihkan
Selain menjaga kebersihan tangan si pengguna, sebaiknya anda juga harus membersihkan tablet dengan menggunakan penghembus udara dan juga bisa menggunakan kain yang sangat halus seperti pembersih kacamata/tisu, dan ingatt jangan sekali-kali menggunakan kain yang kasar untuk membersihkannya. khususnya pada bagian layar.

3. Gunakan lapisan antigores pada layar LCD
Sebaiknya terus gunakan anti gores pada layar, biasanya ketika awal anda memberi tablet android, secara otomatis pihak pabrik akan menyertakan anti gores langsung pada layar tablet tersebut, namun jika suatu waktu anti gores sudah usang dan rusak sebaiknya segeralah untuk melakukan penggantian, hal itu karena ketika anda membiarkan layar tablet anda tanpa anti gores itu sama saja anda membiarkan permukaan layar tablet anda menjadi banyak goresan dan pudar. Baca juga : Cara membersihkan layar android yang tergores

4. Gunakan Pelindung Casing
Jika memungkinkan dan tidak mengurangi rasa kenyamanan anda saat menggunakan tablet, anda juga bisa melengkapi tablet android anda dengan pelindung casing, atau penutup bagian luar tablet anda. Dan perlu diingat, sebaiknya jangan gunakan pelindung yang terdapat magnetnya, karena magnet akan perlahan-lahan menurunkan kinerja prosesor dan hardware bagian dalam tablet anda.

5. Jauhkan dari Sinar Matahari Langsung
Ini bukan berarti anda tidak boleh menggunakan tablet di luar ruangan, hanya saja sebisa mungkin untuk tidak membiarkan tablet anda terpapar sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama. Karena hal itu selain dapat merusak kinerja layar, panas yang terlalu berlebih juga dapat melemahkan fungsi komponen bagian dalam tablet anda.

6. Batasi Proses Charge/Pengisian daya
Pada saat anda sedang melakukan charge daya atau pengisian ulang daya baterai, sebaiknya cabut colokan charge ketika tablet sudah penuh. Dan sebisa mungkin hindari mengoperasikan tablet pada saat sedang di cas atau charge, karena jika tetap menggunakannya tablet anda akan overhead dan lebih cepat panas.

7. Kurangi aplikasi yang tidak berguna
Sebaiknya hapus aplikasi-aplikasi yang menurut anda tidak terlalu penting, karena kelebihan aplikasi dapat memakan ruang yang banyak pada RAM dan memori tablet anda. Pada saat hal itu terjadi tablet Android akan sering mengalami hang dan gagal respon.

8. Hindari Meletakkan Tablet di atas Alat Elektronik
Alat-alat elektronik mengandung magent di dalamnya, magnet itu sendiri dapat mengurangi fungsi hardisk dan komponen bagian dalam tablet anda. jadi sebaiknya jangan pernah membiasakan meletakkan tablet di atas Televisi, DVD Player, Speaker dan alat elektronik mengandung magnet lainnya.

Nah, dengan memperhatikan beberapa cara dan solusi di atas, maka kemungkinan besar anda akan lebih lama menggunakan tablet anda karena performanya akan terus terjaga. Jadi sebaiknya hindari hal-hal yang memang menurut anda tidak baik untuk tablet anda, agar setidaknya tablet anda memiliki umur panjang dan lebih awet tentunya.

Sekian ulasan mengenai Cara Merawat Tablet Android Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak, semoga ulasan ini dapat menambah pengetahuan kita terutama bagi anda yang memiliki tablet android. 


EmoticonEmoticon