Wednesday, August 17, 2016

Inilah Bahaya Minum Teh Bagi Ibu Hamil

Bahaya Minum Teh Bagi Ibu HamilBahaya Minum Teh Bagi Ibu Hamil - Teh merupakan jenis minuman yang banyak sekali mengandung kafein, selain kopi teh juga merupakan minuman yang memiliki kandungan kafein cukup tinggi. bagi ibu hamil mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein layaknya teh sangat tidak di anjurkan terlalu berlebihan. Kafein dapat dengan cepat melintasi plasenta yang berujung pada resiko keguguran jika dikonsumsi dalam jumlah besar.


Selain kandungan kafein, sebuah penelitian telah membuktikan bahwa teh juga mengandung konsentrasi berbahaya di dalamnya. Tingkat konsentrasi bisa menjadi lebih tinggi hanya dari segi waktu penyeduhan teh tersebut. Teh yang diseduh selama tiga menit mengandung sekitar 70 persen konsentrasi berbahaya di dalamnya sedang teh yang diseduh lebih dari 15 menit justru memiliki tingkat konsentrasi berbahaya mencapai angka 85 persen. Bagi ibu yang sedang hamil atau sedang dalam menyusui jika mengkonsumsi teh 4 cangkir atau lebih dalam sehari maka berujung pada masalah kandungan dan kesehatan bayi yang di susuinya. karena kandungan kafein dan konsentrasi berbahaya di dalam teh sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah besar oleh ibu hamil dan menyusui.

Bagi para ibu hamil yang sudah terlanjur terbiasa mengkonsumsi teh setiap harinya dan tidak bisa menghentikan kebiasaan ini sebaiknya coba mengurangi durasi konsumsi teh, misalnya setidaknya hanya 1 atau 2 cangkir teh dalam sehari dan pastikan bahwa teh yang anda seduh tidak lebih dari 2 menit. Namun meskipun ada beberapa pendapat yang juga mengemukakan bahwa mengkonsumsi teh selama kehamilan tidak akan berpengaruh terhadap kesehatan bayi dan juga tidak akan membahayakan nya, tapi setidaknya bagi anda yang sedang hamil lebih baik tidak mengambil resiko untuk tetap mengkonsumsi atau minum teh jika anda tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak anda inginkan terutama pada bayi anda. Baca juga Cara mengobati diabetes secara alami

Nah bagi anda khususnya ibu hamil atau ibu menyusui sebaiknya anda mengetahui bahaya minum teh selama masa menyusui dan masa kehamilan, berikut bahaya yang ditimbulkan jika mengkonsumsi teh selama masa kehamilan.

1. Dapat mengakibatkan keguguran
Kafein di dalam teh memang bisa dengan cepat melintasi area plasenta, metabolisme bayi di dalam kandungan tidak bisa sepenuhnya mengintrol dan mengatasi kadar kafein yang masuk ke peredaran darah melalui plasenta, hal itu yang membuat bayi lahir cacat atau bahkan kematian bayi saat melahirkan.

2. Mengganggu tumbuh kembang bayi dalam kandungan
Kandungan di dalam teh bukan hanya dapat mempengaruhi ibu hamil saja, namun bayi juga akan sama hanya dengan ibu hamil. Mengkonsumsi teh dalam jumlah dalam jumlah besar dapat mempengaruhi detak jantung serta pola tidur dan gerakan bayi dalam kandungan.

3. Tidak baik untuk kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan
Kadar kafein yang masuk ke dalam darah dapat membuat pembuluh darah menyempit, hal itu akan membuat darah sulit memasok asupan gizi ke plasenta yang membuat bayi akan mengalami kekurangan nutrisi kebutuhannya. Selain tidak baik untuk kesehatan si bayi, mengkonsumsi teh juga dapat membuat ibu hamil mengalami insomnia dan dehidrasi serta dapat membuat ibu lebih sering terserang sakit kepala.

Sebaiknya anda ganti jenis teh yang anda konsumsi selama masa kehamilan dengan teh non kafein, selain lebih sehat teh non kafein juga tidak terlalu berbayaha bagi anda dan kandungan. Dengan mengetahui beberapa bahaya di atas, maka sebaiknya bagi ibu hamil yang tidak bisa menghentikan mengkonsumsi atau minum teh setiap harinya, kini seharusnya anda mencoba mengurangi teh agar anda dan kandungan anda tetap sehat hingga masa persalinan.

Sekian ulasan kemi mengenai Bahaya Minum Teh Bagi Ibu Hamil semoga ulasan ini dapat menambah pengetahuan dan dapat bermanfaat buat kita semua khususnya bagi pada ibu hamil. Salam Wadah Cara