Wednesday, August 17, 2016

Cara Mudah Mengontrol Emosi Agar Tidak Cepat Marah

Cara Mudah Mengontrol Emosi Agar Tidak Cepat MarahCara Ampuh dan Efektif Mengontrol Emosi - Wah, ini tentu akan menjadi topik menarik buat kita apalagi buat anda yang doyan nya marah mulu dan gak pernah bisa mengontrol nya. Sifat emosional dalam diri manusia sebenarnya itu wajar, namun yang jadi pertanyaan sejauh mana kita bisa mengontrol kala emosi tersebut datang. Apakah kita mampu meredam nya hingga tak terjadi hal-hal lain karena emosi tersebut atau malah justru kita tidak bisa menahannya?


Sejatinya bagi anda yang memiliki tingkat tempramen lebih dibandingkan yang lain, ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengontrol dan bahkan untuk benar-benar menghilangkan sifat emosional berlebihan dalam diri anda. Karena kita tahu dengan sifat emosi ini kita atau pun orang lain akan susah dan kewalahan kala emosi tersebut muncul. Berikut ini saya suguhkan mengenai tips efektif mengontrol emosi agar anda menjadi pribadi yang baik dan juga penyabar tentunya.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Dr Thomas Denson dari Universitas South Wales inggris menemukan bahwa membiasakan penggunaan tangan non dominan akan sangat efektif sekali melatih dan mengontrol emosi sehingga menjadi jauh lebih penyabar. 

Artinya adalah, jika anda merupakan orang pengguna tangan kanan atau dominan tangan kanan, maka untuk mengendalikan sifat tempramen dalam diri anda anda bisa berlatih dan membiasakan diri menggunakan tangan kiri, maksudnya adalah coba anda latih kebiasaan atau dominan anda tangan kanan dalam melakukan berbagai hal maka kini lakukan dengan menggunakan tangan kiri, misal jika anda terbiasa memegang sesuatu dengan tangan kanan maka coba biasakan dengan tangan kiri, makan, minum, menulis dan lain sebagainya. Baca juga Cara menghilangkan ketombe secara alami

Sebaiknya anda mencoba menggunakan tangan kanan anda untuk beraktifitas tatkala emosi anda meluap, seperti contoh jika anda dalam keadaan benar-benar emosi maka coba gunakan tangan kiri anda untuk memegang sesuatu, misalnya menggantikan tangan kanan ketika mengoprasikan mouse komputer, meremas kertas degan tangan kiri, menutup pintu dengan tangan kiri dan lain sebagainya. Begitu juga sebaliknya bagi anda yang dominan dengan tangan kiri, anda bisa membiasakan seperti contoh diatas ketika amarah datang dengan melatih tangan kanan untuk beraktiftas.

Study penelitian ini dilakukan oleh Thomas dalam kurun waktu dua minggu dengan membiasakan dominan kanan dengan mencoba tangan kiri dan dominan kiri dengan melatih tangan kanan, dan hasil sangat efektif cara itu mampu menurunkan implus ledakan emosi dalam diri dan juga mengurangi sifat agresif.

Kita tahu bahwa study dan penelitian yang dilakukan Thomas ini tentu akan sangat bermanfaat sekali bagi banyak orang khususnya bagi mereka yang memiliki tingkat tempramen lebih tinggi. Sejatinya sifat emosional juga tidak baik bagi kesehatan kita, dengan memiliki temprament tinggi kita berkemungkinan mengidap banyak penyakit seperti, Jantung, darah tinggi, stroke dan penyakit lainnya. Jadi mulai sekarang kontrol sifat emosi dan tempramen serta pemarah dalam diri anda dengan cara paling efektif ini.

Sekian semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Salam Wadah Cara