Tuesday, August 23, 2016

Cara Mengatasi Masalah Android Kehabisan Memori Internal

Cara Mengatasi Masalah Android Kehabisan Memori Internal - Smartphone android merupakan ponsel generasi baru yang menyediakan 3 jenis memori di dalamnya, dua untuk memori penyimapnan yakni memori internal dan eksternal dan satu memori untuk pengoprasian yakni memori RAM. ketiga memori tersebut bisa mengalami kepenuhan kapan saja, tergantung dari pemakaian dan kapasitas masing-masing memori.

Kehabisan memori internal

Salah satu memori yang kerap mengalami masalah adalah memori internal, biasanya hape android hanya menyediakan kapasitas memori internal lebih sedikit dibanding memori eksternal yang bisa kita upgrade sesuai dengan keinginan kita. Tugas kedua memori ini sebenarnya sama, hanya saja memori internal kerap menjadi tempat penyimpanan paling banyak dibanding dengan memori eksternalnya. Semisal penyimpanan file pada ponsel, penyimpanan berkas aplikasi dan lain sebagainya. Baca juga tentang cara mengatasi lag saat bermain game android

Hal itulah yang terkadang membuat kita tak menyadari suatu saat memori internal bisa kepenuhan dan kehabisan ruang penyimpanan, sehingga hal utama yang harus kita lakukan adalah mengurangi jumlah beban yang disimpan di sana dan memindahkannya ke dalam memori yang lainnya. Namun ada kalanya kehabisan ruang penyimpanan tidak terdeteksi, yang ada hanya pesan bahwa ruang memori internal telah habis sehingga banyak fitur yang tidak berjalan maksimal pada hp android kita. Untuk cara mengatasi masalah kehabisan memori internal, kali ini kami telah menyediakan cara mengatasinya berikut ini.

Cara Mengatasi Android Kehabisan Memori Internal

1. Langkah awal untuk mengatasi android yang kehabisan memori silahkan anda root dulu hp android anda.
2. Jika sudah, untuk cara mengatasi android yang kehabisan memori berikutnya ialah dengan mengunduh aplikasi LINK2 SD di google playstore gratis.
3. Untuk cara mengatasi android yang kehabisan memori selanjutnya silahkan anda install aplikasi Link SD yang telah anda download tadi dismartphoen android anda.
4. Bila anda sudah melakukan proses instal aplikasi LINK SD silahkan anda masuk di aplikasi tersebut
5. Setelah itu, silahkan anda pilih Ext4 kemudian anda lakukan reboot.
6. Dan silahkan centang Relink Lib files atBoot.
7. Setelah anda ceklis kotak dialog silahkan anda centang kembali Automatically Link Newly.
8. Berikutnya silahkan anda pilih di autolink kemudian jangan lupa ceklist semuanya.
9. Setelah itu maka akan secara otomatis file dan aplikasi yang tersimpan di memori internal akan berpindah pada memori eksternal.

Dengan demikian anda tak perlu memindahkan satu persatu aplikasi dan file yang tersimpan di memori internal ke memori eksternal. Selain itu menggunakan cara ini juga lebih praktis untuk melihat masalah apa yang menjadi penyebab terjadinya kehabisan ruang memori internal di ponsel android anda.

Sekian ulasan mengenai cara mengatasi memori internal penuh, semoga ulasan ini dapat menambah pengetahuan kita semua sebagai pengguna android. Salam Wadah Cara