Monday, August 1, 2016

Cara Mengatasi HP atau Ponsel Android yang Terkena Air

Wadah Cara - Cara Mengatasi HP atau Ponsel Android yang Terkena Air | Kejadian-kejadian diluar dugaan memang kerap kita alami, mulai dari hal-hal kecil hingga terkadang tanpa sengaja kita melakukan hal yang dapat megukian kita. Salah satunya adalah membuat ponsel atau smrtphone android kita masuk kedalam air atau kecebur kedalam air. Panik dan takut tentu kita rasakan ketika hal itu terjadi, jika ponsel cuma masuk dan terkena air dalam jumlah sedikt tentu tidak menghawatirkan, namun apa jadinya jika ponsel atau hp android kita masuk kedalam air dalam kedaan tenggelam dan terendam beberapa saat di dalam air.


Tidak bisa kita pastika apakah ponsel dengan komponen dan material yang sebaiknya tidak boleh terkena air bisa kembali berfungsi setelah terkena air. Namun sebelum anda panik dan menduga-duga hal buruk yang belum tentu terjadi, sebaiknya lakukan pertolongan pertama jika ponsel anda masuk kedalam air. Salah satu pertolongan awal adalah langsung mengambil hp android tersebut di dalam air. Karena jika membiarkan berlama-lama maka kemungkinan air akan 100% mengenai seluruh komponen ponsel android anda dan bisa mengakibatkan mati total atau rusak total.

Jadi jika kejadian ini terjadi pada anda, sebaiknya lakukan beberapa hal adar setidaknya anda masih memiliki harapan bahwa ponsel android anda bisa kembali menyala dan berfungsi seperti sedia kala. Dan berikut kami rangkum Cara Mengatasi HP atau Ponsel Android yang Terkena Air.

1. Matikan ponsel

Langkah yang harus segera dilakukan ialah memantikan ponsel. Ini dilakukan supaya mencegah adanya konsleting (hubungan arus pendek) pada ponsel. Kemudian segeralah mengambil baterai pada ponsel untuk mengurangi peluang kerusakan. Apabila saat Anda mengambil ponsel sudah dalam keadaan mati, jangan pernah coba untuk menyalakannya. 

2.Jangan diambil

Apabila ponsel terendam air namun dalam keadaan sedang dicharger sebaiknya jangan pernah coba mengambil. Anda bisa mengambilnya saat listrik sudah dimatikan dari pusatnya dan pastikan ponsel sudah tidak teraliri listrik. Ponsel yang diambil pada saat dicharger dan terendam air hanya akan membahayakan jiwa Anda. 

3. Mengeringkan ponsel 

Langkah berikutnya adalah dengan mengeringkan ponsel. Anda sebaiknya menggunakan handuk atau kain dengan permukaan yang lembut untuk mengeringkannya. Dengan permukaan yang lembut maka tidak akan melukai permukaan atau bagian dari ponsel. Bisa juga dengan menggoyang-goyangkan supaya tidak ada air yang tertinggal di dalam ponsel. Jangan pernah mencoba mengeringkan ponsel dengan pengering rambut karena udara yang dihasilkan panas.

4. Alkohol

Alkohol bisa menjadi salah satu cara untuk memancing air yang meresap pada ponsel Anda. Anda tidak perlu khawatir alkohol menjadi ada di dalam ponsel, karena cairan yang satu ini sangat mudah menguap. 

5. Drybox

Drybox merupakan media untuk menyimpan alat. Dalam alat ini dilengkapi dengan feature untuk memastikan kelembaban udara yang berada di sekitar objek. Cukup dengan memasukan ponsel ke dalamnya, Anda sudah bisa mengatur kelembaban sekitar ponsel. Sebaiknya Anda menguranginya secara perlahan supaya ponsel tidak rusak.

6. Teknisi ponsel

Ponsel yang telah dikeringkan namun tidak dapat menyala sebaiknya dibawa ke teknisi. Pilihlah teknisi yang berpengalaman dan memiliki citra yang baik. Utarakan masalah yang sebenarnya pada teknisi supaya dia dapat memperbaiki ponsel Anda. Jangan malu untuk mengakuinya dan mengarang cerita yang tidak-tidak. Karena ponsel juga memiliki indikator atau tanda bahwa dia telah terkena air.

Nah mudah-mudahan setelah melakukan beberapa hal di atas, ponsel android anda bisa menyala dan berfungsi kembali. Sekian ulasan mengenai Cara Mengatasi HP atau Ponsel Android yang Terkena Air, semoga ulasan ini dapat bermanfaat.


EmoticonEmoticon